Manfaat Susu Formula Bagi Anak

Rabu, 22 April 2015 - 09:48 WIB
Manfaat Susu Formula Bagi Anak
Manfaat Susu Formula Bagi Anak
A A A
JAKARTA - Selain Air Susu Ibu (ASI), susu formula juga di percaya berguna sebagai pencegahan primer terhindar dari alergi.

Dokter Spesialis Anak Sub-Spesialis Alergi Imunologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), DR dr Zakiudin Munasir, SpA(K) menjelaskan, bagi ibu yang tidak dapat memberikan ASI, pencegahan primer paling sederhana dengan memberikan formula khusus.

"Namun, pada beberapa kasus di mana si ibu tidak dapat memberikan ASI, maka dapat diberikan formula khusus," papar Zakiudin di Kawasan Kuningan, Jakarta.

Zaki merekomendasikan, penggunaan formula hidrolisat ekstensif kasein untuk mengurangi risiko alergi pada bayi yang memang tidak bisa mendapatkan ASI eksklusif. Namun, lanjutnya, alangkah baiknya mencari tahu dulu pencetus dan pemicu alergi si kecil.

"Cari tahu dulu pencetus dan pemicu alergi si bayi. Bisa jadi bukan ASI, melainkan zat makanan yang dikonsumsi si ibu. Contohnya alergi telur. Si anak kan belum makan telur, tapi karena si ibunya makan dan zat dari telur bisa masuk melalui ASI, di situlah si kecil menunjukkan reaksi alergi yang seakan-akan dia alergi ASI," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4150 seconds (0.1#10.140)